Perkembangan revolusi industri 4.0 bisa diterapkan dalam dunia pendidikan, ini dapat dilihat dari pemanfaatan teknologi digital dalam proses pembelajaran, penyelesaian berbagai tugas guru dan siswa, dan peningkatan kompetensi guru, tak bisa lepas dari arus perkembangan informasi dan teknologi. Saat ini guru dituntut untuk berinovasi dan kreatif dalam proses pembelajaran di sekolah, dilihat dari guru menggunakan berbagai aplikasi- aplikasi dalam mengajar. Guru sebagai garda depan kemajuan pendidikan dituntut selalu siap berubah dan beradaptasi, peranan guru semakin penting dalam membekali berbagai keterampila-keterampilan kepada anak didik dan mampu menggunakan aplikasi-aplikasi yang terupdate saat sekarang ini seperti penggunaan aplikasi schoology. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengikuti perkembangan teknologi di era revolusi 4.0 yang bermanfaat dunia pendidikan khususnya kelancaran dalam proses belajar mengajar dan mengungkap kemampuan atau peranan guru dalam menggunakan aplikasi schoology sebagai eksistensi guru di era revolusi dan 4.0. Metode yang digunakan adalah studi pustaka. Hasil pembahasan 1. Guru era revolusi 4.0 harus mampu menguasai ilmu computer dan pembelajaran yang berbasis teknologi. 2. Aplikasi Schoology memperkuat eksistensi guru di era revolusi 4,0 3. Aplikasi schoology memberi manfaat besar untuk kelancaran pembelajaran seperti guru tidak pelu memeriksa ujian siswa, siswa dapat belajar jarak jauh serta guru dapat mengontrol belajar siswa dari jarak jauh. Kesimpulan dengan perkembangan zaman, guru mampu menunjukkan eksistensinya di era digital dengan menguasai teknologi untuk membantu dan memudahkan dalam pembelajaran karena kemajuan pendidikan terletak ditangan seorang guru. Dalam tulisan ini menyarankan sekolah menerapkan aplikasi schoology untuk semua mata pelajaran, guru selalu berinovasi untuk perbaikan pendidikan kedepan.
Share this post







