Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi | SMA Cendana Pekanbaru |
Lingkup Pendidikan | Sekolah Menengah Atas |
Tujuan yang ingin dicapai | Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bola Voli |
Penulis | Meiza Ihsan, S.Pd. |
Tanggal | 7 Desember 2022 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
| Latar belakang masalah dan praktik pembelajaran ini adalah : 1. Saat guru menjelaskan materi pembelajaran tentang passing bawah dan servis bawah permainan bola voli peserta didik tidak memperhatikan dengan baik dan tidak semangat. 2. Pada saat pembelajaran praktik peserta didik banyak melakukan kesalahan dalam melakukan teknik passing bawah dan servis bawah. 3. Nilai pengetahuan dan keterampilan hasil belajar peserta didik masih rendah. Dari 3 poin diatas dapat diambil kesimpulan bahwa : Selama ini peserta didik mengalami kesulitan dan kebosanan dalam mengikuti pembelajaran bola voli yang bersifat teori, kedua pada proses pembelajaran materi bola voli yang bersifat teori guru sering kali mengalami kesulitan untuk menyampaikan pengetahuan akan materi bola voli yang bersifat teori dikarenakan pemahaman peserta didik mata pelajaran pjok itu hanya sekedar praktik dilapangan saja. Oleh karena itu pada saat pembelajaran praktik peserta didik banyak melakukan kesalahan karena tidak mengetahui secara teori cara melakukan gerakan yang benar. Sehingga berakibat kepada nilai hasil belajar peserta didik masih rendah.
Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena saya kira banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi refrensi atau inspirasi bagi rekan guru lain.
Saya yang berperan sebagai guru mempunyai tanggung jawab mutlak untuk melakukan proses pembelajaran ini secara efektif, dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
| Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari hasil belajar peserta didik pada materi bola voli masih rendah yaitu : 1. Kurangnya penggunaan media dan pemantaan teknologi dalam proses pembelajaran bola voli sehingga pembelajaran tidak menarik. 2. Penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif. 3. Penerapan model pembelajaran yang belum tepat dan inovatif. 4. Motivasi belajar siswa masih rendah sehingga kurang minat dalam pembelajaran teori.
Dari penyebab diatas, tantangan yang dihadapi oleh guru adalah : 1. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik dan meningkatkan pemanfaatan IT. 2. Pemilihan metode pembelajaran yang variatif yang dapat meningkatkan antusias peserta didik. 3. Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi pelajaran. 4. Guru harus mampu menumbuhkan motivasi peserta didik melalui proses pembelajaran yangh menyenangkan dengan desain pembelajaran yang menarik dan inovatif.
Dilihat dari 4 tantangan tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi yang harus dimilik guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari siswa adalah motivasi belajar. |
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
| Langkah-langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain : 1. Pemilihan media pembelajaran dan pemanfaatan IT dalam pembelajaran a. Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajran adalah dengan memilih media pembelajaran yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi pelajaran juga sesuai dengan karakteristik peserta didik, selain itu guru bisa memilih media pembelajaran yang dikuasainya baik dalam pembuatan maupun pengoperasian. Disini guru memilih media pembelajran berbasis teknologi b. Proses pembuatan media ini dimulai dari mempelajari materi yang akan dibuat medianya, kemudian guru merancang desain menu-menu apa saja yang ada di media pembelajran, setelah rancangan desain baru guru mulai membuat media di aplikasi kine master, canva, capcut dan powerpoint. c. Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran ini antara lain pengetahuan guru dalam menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut dan juga alat seperti komputer/laptop dan jaringan internet. 2. Pemilihan metode pembelajaran yang variatif a. Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan metode pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi Disini guru memilih metode pembelajaran yang akan digunakan adalah ceramah, diskusi,membuat produk, dan demonstrasi b. Proses pemilihan metode ini yang pertama guru mempelajari apa saja metode-metode dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik peserta didik dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan peserta didik, lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat dibuku PJOK c. Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lainpemahaman kompetensi guru akan metode-metode pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran 3. Pemilihan model pembelajaran a. Strategi yang digunakan guru dalam memilih model pembelajaran adalah dengann memahami karakteristik peserta didik dan karakteristik materi Disini guru memilih model pembelajaran PBL b. Proses pemilihan model ini pertama guru mempelajari model-model dalam pembelajaran lalu memahami karakteristik peserta didik dengnan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan peserta didik lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat dibuku peserta didik c. Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan model ini antara lain pemahaman kompetensi guru akan model pembelajaran PBL dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran 4. Meningkatkan motivasi peserta didik a. Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik Disini guru mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada peserta didik b. Proses pengembangan RPP yang berpusat pada peserta didik guru menetukan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran, yang kegiatan-kegiatan itu berpusat pada siswa dan membuat peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran c. Sumber daya yang diperlukan dalam strategi ini antara lain pemahaman/kompetensi akan pembuatan RPP dan juga kreatifitas merancang kegiatan-kegiatan yang membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
| Dampak dari aksi dan langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari: 1. Penggunaan media berbasis teknologi, (vidio dan powerpoint) ini sangat membantu pemahaman peserta didik terhadap materi bola voli yang bersifat teori dibuktikan dengan hasil evaluasi pembelajaran peserta didik yang sudah meningkat 2. Pemilihan metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik terlihat dari kegiatan peserta didik saat proses pembelajaran 3. Pemilihan model PBL menumbuhkan kompetensi berpikir kritis, kemampuan menalar, berkolaborasi dan berkomunikasi serta kreatifitas peserta didik terlihat dari proses mereka dalam memecahkan permasalahan. 4. Desain kegiatan yang berpusat pada peserta didik sangat meningkatkan keaktifan mereka saat proses pembelajaran sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar
Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa dilihat dari saat refleksi akhir pembelajaran peserta didik memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik juga mudah dipahami
Faktor keberhasilan pembelajaran saat ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah dibuat.
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru lakukan yaitu guru lebih kreatif dan inovatif dalam memillih metode, model dan media pembeljaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan. |